Laman

Rabu, 27 April 2011

RESENSI BUKU KETIKA CINTA BERBUAH SURGA


Nama : Heni Pujiarti
Npm : 10208585
Kelas : 3EA10
Tugas  Softskil Bahasa Indonesia
CONTOH RESENSI

RESENSI BUKU KETIKA CINTA BERBUAH SURGA

Judul buku : Ketika Cinta Berbuah Surga
Pengarang : Habiburrahman El Shirazy
Penerbit : MQS Publising
Kota tempat terbit : Jl. Padaringan, no. 39A KPAD Gegerkalong Bandung 401543
Tahun terbit : 2008
Tebal : 116 halaman
Harga : Rp. 20.000
“Sesungguhnya, Allah telah menaburi Ayat-ayat Al-qur’an dengan aneka kisah dan cerita-cerita berhikmah. Hal itu, taklain dan tak bukan ialah agar kita mengambil ibrah atau pelajaran dari cerita-cerita itu. Tentu untuk kemuliaan pekerti dan kebaikan kita, karena, memang demikianlah semestinya. Bukankah agama adalah akhlak mulia? Bukankah pula untuk kemuliaan akhlak itulah baginda rasul diutus kedunia fana ini?”. Mungkin inilah dasar atas penyusunan buku kumpulan cerpen isami dengan judul “Ketika Cinta Berbuah Surga” karya dari seorang penulis buku best seller Ayat-ayat Cinta.
Buku ini merupakan buku kumpulan kisah-kisah yang mengisahkan tentang berbagai kisah menarik pilihan yang diambil dari hadist nabi, kisah-kisah zaman sahabat nabi, zaman tabi’in kisah keteladanan dari berbagai belahan dunia islam, dari kitab Al-Qira’ah Alrasyidsh, kitab Shahih Bukhari dan Shahih Muslim, dan diangkat dari Sirag Nabawiyyah.
Judul dalam buku ini tidak saling berkesinambungan. Karena buku ini merupakan jenis buku kumpulan. Semua kisah dalam buku ini diceritakan secara runtut dengan bahasanya yang sederhana, indah dan mudah dipahami, namun maknanya dalam dan indah. sehingga pembaca bisa mengikuti setiap alur kisah dalam buku ini.
Isinya berupa kisah-kisah keteladanan yang komunikatif dan produktif. Membacanya seperti mendapat siraman rohani dari tiap pesan yang tersirat dari tiap kisah-kisahnya. Sehubungan dengan keteladan dalam buku ini, semua itupun bisa menjadi motivasi bagi siapa saja yang membacanya.
Berbagai pujian dilontarkan untuk mengomentari buku ini. Jika ditinjau dari isi buku dari segi pemilihan kisah menarik yang memberi keteladanan, sastra kebahasaan maupun alurnya buku ini seakan tak mempunyai celah untuk menerima kritikan. Namun, bagaimanapun juga, apapun itu pasti mempunyai kelebihan maupun kekurangan. Judul yang dibawakan oleh sang penulis ini memungkinkan sekali membuat sang calon pembeli terkecoh. imajinasi mereka terarah pada sebuah novel yang berjudul “KETIKA CINTA BERBUAH SURGA”, namun ternyata buku ini adalah buku kumpulan berbagai kisah.
Seharusnya sang penulis memberi judul yang lebih sesuai dengan isinya agar tidak membuat para pembeli merasa terkecoh dengan buku tersebut (dikiranya novel islami). Meskipun para pembeli merasa nyaman saat membaca kisah-kisah didalamnya. Namun, tetap saja mereka masih merasa ada yang mengganjal antara isi dan judulnya. Bahkan tertipu. Manfaat dalam buku ini begitu terlihat dari amanat-amanat yang disampaikan.
http://aya12.wordpress.com/2010/02/10/assalamualaikum/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar