Laman

Sabtu, 19 Februari 2011

KARANGAN ILMIAH, KARANGAN SEMI ILMIAH DAN KARANGAN NON ILMIAH

Nama : HENI PUJIARTI
Npm : 10208585
Kelas : 3EA10
Tugas : Sofsklill Bahasa Indonesia 2
Tugas Ke-2

KARANGAN ILMIAH, KARANGAN SEMI ILMIAH DAN
KARANGAN NON ILMIAH

I. Latar Belakang Masalah
Dijaman yang sudah modern ini banyak aktifitas yang dilakukan oleh manusia. Salah satunya yaitu dengan menulis. Menulis bagi sebagian kalangan mahasiswa adalah suatu keharusan sebagai rutinitas sehari- hari yang sering dilakukan. Menurut sebagian orang kebebasan berekspresi dengan menulis dapat dittuangkan dengan baik, tentunya untuk hal yang lebih bermanfaat. Adapun tulisan memiliki banyak bentuk salah satunya yaitu karangan. Karangan adalah penulisan yang bersifat ilmiah, semi ilmiah dan non ilmiah. Perbedaan karangan dapatdilihat dari keknik penulisan dan ciri masing –masing karangan yang memiliki khas tersendiri, Maka dalam tulisan ini dijelaskan tentang perbedaan karangan yang dilihat dari ciri masing-masing karangan.

II. Permasalahan
Apa pengertian dari karangan ilmiah, semi ilmiah, dan non ilmiah ?
Apa ciri-ciri karangan ilmiah dan non ilmiah?

III. Pembahasan Masalah

1. Karangan Ilmiah adalah karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta umum dan dengan penulisan yang baik dan benar. karya tulis ilmiah dapat berwujud dalam bentuk makalah (dalam seminar atau simposium), artikel, laporan praktikum, skripsi, tesis, dan disertasi
Ciri-ciri karangan Ilmiah :
• Menyajkan fakta objektif secara sistematis
• Penulisan cermat, tepat dan benar serta tidak membuat terkaan
• Tidak mengejar keuntungan pribadi
• Sistematis
• Tidak menonjolkan perasaan
• Tidak memuat pandangan-pandangan tanpa pendukung
• Tidak Persuasif
• Tidak Argumentatif
• Tidak Melebih lebihkan sesuatu

Jenis-jenis karangan ilmiah yaitu:
• Skripsi adalah karya tulis ilmiah yang mengemukakan pendapat penulis berdasar pendapat orang lain.
• Tesis: karya tulis ilmiah yang menggunakan fakta objektif berdasarkan aplikasi dan sifatnya lebih mendalam daripada skripsi.
• Disertasi: karya tulis ilmiah yang mengemukakan suatu dalil yang dapat dibuktikan oleh penulis berdasar data dan fakta dengan menggunakan analisis yan terperinci.
• Makalah adalah kertas kerja yang penyampaiannya secara langsung karya dan menyajikan suatu masalah yang pembahasannya berdasarkan data di lapangan yang bersifat empiris-objektif.

2. Karangan Semi Ilmiah adalah karangan yang menyajikan fakta dan fiksi dalam satu tulisan. Penulisannyapun tidak semiformal tetapi tidak sepenuhnya mengikuti metode ilmiah. Penulisan yang baik dan benar, ditulis dengan bahasa konkret, gaya bahasanya formal, kata-katanya tekhnis dan didukung dengan fakta umum yang dapat dibuktikan benar atau tidaknya atau sebuah penulisan yang menyajikan fakta dan fiksi Jenis karangansemi ilmiah memang masih banyak digunakan misal dalam opini, editorial, resensi, anekdot, hikayat, dan karakteristiknya berada diantara ilmiah.

3. Karangan Non Ilmiah (Fiksi) adalah Satu ciri yang pasti ada dalam tulisan fiksi adalah isinya yang berupa kisah rekaan. Karangan non-ilmiah ditulis berdasarkan fakta pribadi, dan umumnya bersifat subyektif. Bahasanya bisa konkret atau abstrak, gaya bahasanya formal dan populer, walaupun kadang-kadang juga formal dan teknis
contoh karya tulis non-ilmiah yaitu cerpen, puisi, novel, komik dll.

Ciri karangan non ilmiah:
a) Bersifat persuasif
b) Ditulis berdasarkan fakta pribadi
c) Fakta yang disimpulkan subyektif
d) Bersifat imajinatif
e) Gaya bahasa konotatif dan populer
f) Situasi didramatisir
g) tidak memuat hipotesis
h) Penyajian dibarengi dengan sejarah

IV. Simpulan
Perbedaan karangan ilmiah, non ilmiah dan semi ilmiah daat dilihat dari teknik penulisan masing-masing karangan yang memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan antara yang satu dengan yang lainnya. Sehingga memudahkan kita untuk membedakannya.

V. Daftar Pustaka
Suhartono. 2005. Dasar –dasar menulis karangan.Bengkulu:Unit Penerbitan FKIP.

Slametmulyana. 1960. Kaidah Bahasa Indonesia 2. Jakarta.Jambatan.

Moeliono, Anton M. 1982.”Penataran penulisan ilmiah.” Jakarta: Universitas Indonesia.

Halim, Amran. 1983. Pembinaan bangsa Indonesia. Jakarta: Gramedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar