Laman

Kamis, 04 November 2010

TUGAS METODE RISET " ANALISIS PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA PT. BALINA AGUNG PERKASA"

Heni Pujiarti
Fakultas Ekonomi, Jurusan Manajemen
Universitas Gunadarma


BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Manusia, merupakan sumber daya manusia yang penting bagi perusahaan. Karena mereka mempunyai bakat, tenaga dan kreativitas yang sangat dan dibutuhkan oleh perusahaan. Tujuan perusahaan hanya dapat dicapai jika para karyawan bergairah berkerja, mau memberikan kemampuannya mengerjakan perkerjaan, serta berkeinginan untuk mencapai prestasi kerja yang optimal. Karena jika karyawan perusahaan kurang berprestasi akan berakibat menurunnya prestasi kerja mereka dalam perusahaan dan akan sulit mendapatkan hasil yang baik. Jika hal ini terjadi maka mengharuskan pemimpin untuk mempergunakan kewenangan dalam kepemimpinannya mengubah sikap dan perilaku karyawan supaya mau berkerja giat.
Pada umumnya karyawan mau berkerja karena dimotivasi oleh keinginan untuk dapat memenuhi kebutuhan fisik dan rohaninya Keinginan para karyawan untuk memenuhi kebutuhan inilah yang dapat memotivasi seseorang untuk melakukan sesuatu termasuk untuk melakukan pekerjaan atau bekerja. Untuk itu pimpinan hendaknya berusaha agar karyawan mempunyai motivasi tinggi untuk melaksanakan tugas dan pekerjaanya.
Motivasi atau dorongan yang dilakukan oleh perusahaan mempunyai maksud untuk meningkatkan prestasi kerja karyawan agar lebih semangat, efektif dan efisien. Selain itu juga bertujuan untuk mendorong semangat kerja para karyawan agar mau bekerja keras dengan memberikan semua kemampuan dan keterampilan demi terwujudnya prestasi kerja. Pimpinan yang mengarahkan melalui motivasi akan menciptakan kondisi dimana karyawan merasa mendapat inspirasi untuk bekerja. Karyawan yang mempunyai motivasi tinggi sangat penting jika hasil prestasi yang tinggi ingin dicapai secara konsisten.
1.2 Rumusan Masalah
1. Apakah terdapat pengaruh positif antara motivasi kerja yang diberikan terhadap prestasi kerja karyawan ?
2. Berapakah besarnya pengaruh motivasi kerja terhadap prestasi kerja?

1.3 Tujuan Penelitian
Untuk dapat mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi terhadap prestasi kerja karyawan dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif antara motivasi kerja terhadap prestasi kerja.
1.4 Kerangka Pemikiran
Pengaruh Motivasi Kerja (X) terhadap Prestasi Kerja Karyawan (Y) Motivasi kerja adalah dorongan yang tumbuh dalam diri seseorang, baik yang berasal dari dalam dan luar dirinya untuk melakukan suatu pekerjaan dengan semangat tinggi menggunakan semua kemampuan dan keterampilan yang dimilikinya. Untuk dapat memberikan hasil kerja yang berkualitas dan berkuantitas maka seorang pegawai membutuhkan motivasi kerja dalam dirinya yang akan berpengaruh terhadap semangat kerjanya sehingga meningkatkan kinerjanya. Jika tidak terdapat motivasi kerja maka tingkat prestasi kerja karyawan yang dihasilkan menurun. Sehingga kesimpulan yang dapat diambil adalah adanya pengaruh paling dominan dari motivasi kerja secara individual terhadap prestasi kerja karyawan di PT. Balina Agung Perkasa. Dalam penelitian ini variabel dependennya adalah prestasi kerja karyawan. Dan penelitian ini memiliki variabel independent yaitu motivasi kerja.

1.5 Judul Penelitian
Sehubungan dengan hal itu maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian lebih jauh untuk meneliti pengaruh antara motivasi kerja terhadap prestasi kerja karyawan. Sehingga dalam penelitian ini penulis tertarik untuk memberikan judul
ANALISIS PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA PT. BALINA AGUNG PERKASA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar