Laman

Jumat, 01 Oktober 2010

ANALISIS PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI SPBU PANDANARAN SEMARANG

REVIEW JURNAL

Tema : Pengaruh motivasi kerja terhadap prestasi kerja karyawan pada PT. Balina Agung Perkasa

Rumusan Masalah :
Apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan dan motivasi kerja yang diberikan terhadap kinerja pegawai?

Judul : ANALISIS PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI SPBU PANDANARAN SEMARANG

Pengarang : Fahmi

Tahun :2009

Latar Belakang Masalah :
Kepemimpinan mempunyai hubungan yang sangat erat dengan motivasi, karena keberhasilan seorang pemimpin dalam menggerakkan orang lain sangat tergantung kepada kewibawaan, dan juga pemimpin itu di dalam menciptakan motivasi didalam diri setiap orang bawahan, kolega maupun atasan pemimpin itu sendiri. Gaya kepemimpinan yang dijalankan oleh seorang pemimpin dalam mempengaruhi perilaku orang lain sesuai dengan keinginannya itu dipengaruhi oleh sifat pemimpin itu sendiri. Pemimpin dengan gaya kepemimpinan yang baik akan menciptakan motivasi yang tinggi di dalam diri setiap bawahan, sehingga dengan motivasi tersebut akan timbul semangat kerja yang dapat meningkatkan kinerja dari bawahan itu. Salah satu pendekatan dalam upaya meningkatkan kinerja pegawai tersebut dapat dilakukan melalui praktek kepemimpinan atau gaya kepemimpinan yang handal dan motivasi berprestasi yang tinggi dan terarah.


Tujuan Penelitian :
Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan dan motivasi kerja yang diberikan terhadap kinerja pegawai.

Metodologi :
Data dan variabel yang digunakan variabel gaya kepemimpinan, variabel motivasi, variabel kinerja pegawai dan metode pengumpulan data berupa data primer dan data sekunder


Tahapan Penelitian
1. Populasi dan Sampel penelitian
Penelitian ini menggunakan metode sensus. Data dan variabel yang digunakan adalah variabel gaya kepemimpinan, variabel motivasi kerja dan variabel kinerja pegawai
2. Metode Pengumpulan Data, dengan menggunakan data primer yaitu pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara.
3. Teknik Analisis Data dan Pengujian Hipotesism
4. Hasil Penelitian

Hasil Penelitian
Karyawan yang diberikan kuesioner untuk pengujian validitas ini berjumlah 52 orang. Dengan menggunakan metode product momen dari Pearson maka dapat diketahui korelasi antar gaya kepemimpinan dan motivasi kerja maka persamaan regresi yang dihasilkan adalah : Dari persamaan regresi diatas menunjukkan variabel motivasi kerja dan gaya kepemimpinan mempengaruhi kinerja .Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan dan motivasi kerja.



Kesimpulan
Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan dan motivasi kerja yang diberikan terhadap kinerja pegawai. Pengaruh positif tersebut dapat meningkatkan kinerja pegawai dalam perusahaan. Sehingga, penulis dapat menyimpulkan bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh sangat besar terhadap motivasi kerja pegawai. Dan terdapat hubungan positif dengan tingkat kekuatan kuat antara variabel Motivasi Kerja dengan Kinerja. Serta, terdapat hubungan positif dengan tingkat variabel Gaya Kepemimpinan dengan Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja secara bersama-sama terhadap Kinerja berpengaruhnya sangat signifikan

Saran
Dengan melihat kesimpulan diatas maka disarankan agar pihak manajemen memperbaiki gaya kepemimpinan yang telah diberikan sehingga dapat memotivasi karyawan dan menambah kinerja karyawan yang pada akhirnya akan bermanfaat untuk SPBU.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar