Laman

Sabtu, 02 Oktober 2010

PENGARUH KOMPENSASI, KEAHLIAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA PT. PEMBANGKITAN JAWA BALI UNIT PEMBANGKITAN MUARA TAWAR

REVIEW JURNAL

Tema : Pengaruh motivasi kerja terhadap prestasi kerja karyawan PT. Balina Agung Perkasa

Rumusan Masalah : Seberapa besar kompensasi, keahlian, dan motivasi kerja mampu mempengaruhi prestasi kerja karyawan.

Judul : PENGARUH KOMPENSASI, KEAHLIAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA PT. PEMBANGKITAN JAWA BALI UNIT PEMBANGKITAN MUARA TAWAR

Pengarang : Eka Suryaningsih Wardani

Tahun :2009

Latar Belakang Masalah :
Manusia sebagai tenaga kerja atau karyawan merupakan sumber daya yang penting bagi perusahaan, karena mereka mempunyai bakat, tenaga dan kreativitas yang sangat dan dibutuhkan oleh perusahaan untuk mencapai tujuannya. Sebaliknya Sumber Daya Manusia juga mempunyai berbagai macam kebutuhan yang ingin dipenuhinya. Keinginan para karyawan untuk memenuhi kebutuhan inilah yang dapat memotivasi seseorang untuk melakukan sesuatu termasuk untuk melakukan pekerjaan atau bekerja. Pemberian kompensasi sangat penting bagi karyawan, karena besar kecilnyakompensasi merupakan ukuran terhadap prestasi kerja karyawan, Tujuan kompensasi dilakukan perusahaan antara lain untuk menghargai prestasi karyawan, menjamin keadilan diantara karyawan, mempertahankan pegawai, memperoleh karyawan yang lebih bermutu, dan sistem kompensasi haruslah dapat memotivasi para karyawan.



Tujuan penelitian
Untuk Dapat menganalisis seberapa besar kompensasi, keahlian, dan motivasi kerja mampu mempengaruhi prestasi kerja karyawan.

Metodelogi
Penulis menggunakan data primer Data diperoleh dari kuesioner yang diisi oleh karyawan di PT. Pembangkitan Jawa Bali Unit Pembangkitan Muara Tawar sebanyak 100 orang karyawan. Variabel yang digunakan variabel tergantung, dalam penelitian ini variabel dependennya adalah prestasi kerja karyawan dan varibel bebas dalam penelitian ini memiliki variabel independent yaitu kompensasi, keahlian, dan motivasi kerja.

Tahapan Penelitian
1. Penulis mengumpulkan data dan menggunakan data primer dari hasil suvei yakni penelitian dengan mengambil contoh atau sampel dari populasi yang ada dengan menggunakan metode simple random sampling.
2. Penulis menggunakan 2 variabel yaitu variable dependen dan variable independen.
3. Penulis menggunakan alat analisis data.
4. Hasil penelitian

Hasil Penelitian
Dalam penelitian ini, alat ukur validitas akan diuji dengan alat analisis koefisien korelasi product moment pearson. Cara untuk mengetahui butir pertanyaan dalam instrument telah valid atau tidak adalah dengan membandingkan signifikansi masing-masing butir pertanyaan dengan taraf signifikansi. seberapa besar kompensasi, keahlian, dan motivasi kerja mampu mempengaruhi prestasi kerja karyawan. Setelah dilakukan penelitian maka kompensasi sangat berpengaruh terhadap motivasi kerja karyawan. Karena, karyawan ingin berkerja jika diberikan kompensai yang besar sesuai dengan keahliannya.

Kesimpulan
Adapun beberapa kesimpulan tersebut adalah sebagai berikut :
1. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi kerja sangat berpengaruh terhadap tingkat prestasi kinerja karyawan.
2. Dari hasil penelitian motivasi kerja memiliki pengaruh positif terhadap prestasi kerja
Saran :
Motivasi kerja dapat ditingkatkan melalui beberapa cara, antara lain pemimpin bisa memberikan motivasi (dorongan) kepada bawahannya agar bisa bekerja sesuai dengan pengarahan yang diberikan perusahaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar